Makassar, yang merupakan pusat dari Provinsi Sulawesi Selatan, adalah tujuan wisata terkenal di Indonesia. Kota ini menawarkan beragam atraksi turis, dari kuliner khas hingga keindahan alam yang memukau.

Diantara tempat-tempat populer di Makassar, Pantai Losari, Masjid 99 Kubah, dan Pantai Akkarena termasuk yang paling diminati oleh wisatawan. Berikut adalah beberapa saran tempat wisata di Makassar beserta informasi harga tiket masuknya.

Rekomendasi Wisata Makassar yang Menakjubkan

Berikut lima destinasi wisata di Makassar yang ideal untuk dikunjungi bersama keluarga pada akhir pekan:

1. Museum Kota Makassar

Museum Kota Makassar menawarkan sebuah pengalaman menarik ke dalam sejarah Makassar, mulai dari era kolonial Belanda dan Jepang hingga saat Indonesia merdeka.

Wisata Sulawesi ini terletak di Jl. Balaikota No.11, Baru, Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan, museum ini adalah destinasi yang sempurna bagi Anda yang tertarik dengan sejarah.

Museum ini buka dari Selasa hingga Minggu, pukul 09.00–16.00 WITA, dan tutup pada hari Senin. Tiket masuk ditawarkan dengan harga terjangkau, sekitar Rp5.000.

2. Masjid 99 Kubah

Masjid 99 Kubah, dengan keindahan arsitekturnya yang memukau, telah menjadi sorotan di media sosial. Terletak di kawasan Centre Point of Indonesia (CPI) di Makassar, masjid ini dirancang oleh Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat, bersama arsitek lokal, Musrif.

Keunikannya termasuk 99 kubah yang mewakili asmaulhusna, ketiadaan sistem pendingin udara, kapasitas menampung hingga 10 ribu jamaah, serta dilengkapi dengan atraksi air mancur, menjadikannya landmark yang tidak hanya sakral namun juga arsitektural.

3. Bugis Waterpark Adventure

Jika Anda mencari pengalaman liburan yang menyegarkan dan penuh dengan tantangan, Bugis Waterpark Adventure adalah destinasi yang tepat.

Terletak di Perumahan Bukit Baruga, Jalan Sektor Mahamero No.1, Antang, Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan, taman air ini menawarkan berbagai permainan air yang menarik.

Dengan tiket masuk seharga sekitar Rp150.000, pengunjung bisa menikmati beragam fasilitas, seperti seluncuran air, arung jeram buatan, gelombang buatan, dan banyak lagi.

Bugis Waterpark Adventure buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WITA, siap memberikan keseruan yang tak terlupakan bagi Anda dan keluarga.

4. Pantai Losari

Ketika berada di Makassar, mengunjungi Pantai Losari merupakan suatu keharusan. Sebagai salah satu simbol wisata kota, Pantai Losari telah lama dikenal luas oleh para pelancong, baik domestik maupun internasional.

Letaknya yang strategis di Jalan Metro Tj. Bunga, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, membuat pantai ini mudah diakses oleh siapa saja.

Di Pantai Losari, pengunjung tidak hanya disuguhi pemandangan pantai yang mempesona, tetapi juga beragam pilihan kuliner lezat khas Makassar.

Selain itu, tidak jauh dari Pantai Losari terdapat Masjid Amirul Mukminin, yang terkenal sebagai masjid terapung pertama di Indonesia, menambah daftar alasan untuk mengunjungi lokasi ini.

Yang menarik, tidak ada biaya masuk untuk menikmati keindahan Pantai Losari; pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir jika datang dengan kendaraan pribadi.

5. Pantai Akkarena

Terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan, Pantai Akkarena adalah sebuah destinasi yang menawan hati para pengunjung.

Dengan ombak yang tenang, pantai ini menawarkan kesempatan untuk bermain air dengan aman dan nyaman, menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai. Menyaksikan matahari terbenam di Pantai Akkarena menjadi salah satu momen yang paling dicari.

Wisata Pantai Akkarena ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti area parkir yang luas, toilet, gazebo, dan bahkan tempat penginapan untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Pantai Akkarena buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 21.00 WITA, dengan biaya tiket masuk yang terjangkau, yakni Rp10.000 pada hari kerja dan Rp15.000 selama hari libur, meski tarif ini dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Categories: Wisata